Lampiran 2
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
1. Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi
pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi
menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan
Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral
sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan
jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian
seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan.
Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs
bertujuan untuk:
1.
menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah
SWT;
2. mewujudkan manuasia
Indonesia yang taat beragama dan berakhlak
mulia yaitu manusia yang berpengetahuan,
rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin,
bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta
mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan
Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan
hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Menerapkan Hukum
bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan hukum
bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar
|
Aqidah
2. Meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Membaca ayat-ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan arti
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan
tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan
perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
3. Memahami Asmaul
Husna
|
3.1 Menyebutkan arti
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan isi
kandungan 10 Asmaul Husna
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan
pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan
perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
5.
Memahami ketentuan – ketentuan
thaharah (bersuci)
|
5.1 Menjelaskan
ketentuan –ketentuan mandi wajib
5.2 Menjelaskan
perbedaan hadas dan najis
|
6. Memahami tatacara
shalat
|
6.1 Menjelaskan
ketentuan –ketentuan shalat wajib
6.2 Memperaktikkan
shalat wajib
|
7. Memahami tatacara
shalat jamaah dan munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan
pengertian shalat jama’ah dan munfarid
7.2 Memperaktikkan
shalat jama’ah dan shalat munfarid
|
Tarikh dan kebudayaan Islam
8. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
|
8.1 Menjelaskan sejarah
Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan
misi nabi Muhammad untuk semua manusia
dan bangsa
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
9. Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
9.1 Menjelaskan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.2 Membedakan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.3 Menerapkan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan
benar.
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada
Malaikat
|
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada
Malaikat
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
Akhlak
11. Membiasakan
perilaku terpuji
|
11.1 Menjelaskan arti
kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.2
Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun,
ulet, dan teliti
11.3
Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti
|
Fiqih
12. Memahami tatacara shalat Jum’at
|
12.1 Menjelaskan
ketentuan – ketentuan shalat jum’at
12.2 Mempraktekkan shalat jum’at
|
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
|
13.1 Menjelaskan shalat
jama’ dan qashar
13.2
Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
14. Memahami sejarah
Nabi Muhammad SAW
|
14.1 Menjelaskan misi
Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan
bermanfaat
14.2 Menjelaskan misi
Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1.
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
|
1.1 Menjelaskan hukum
bacaan Qalqalah dan Ra
1.2 Menerapkan hukum
bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Aqidah
2.
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
2.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan nama
Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
2.3 Menampilkan sikap
mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Akhlak
3.
Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Menjelaskan
pengertian zuhud dan tawakkal
3.2 Menampilkan contoh
perilaku zuhud dan tawakkal
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Menghindari perilaku tercela
|
4.1 Menjelaskan
pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.2 Menyebutkan contoh
- contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.3 Menghindari
perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Mengenal tatacara shalat sunnat
|
5.1 Menjelaskan
ketentuan shalat sunnat rawatib
5.2 Memperaktikkan shalat
sunnat rawatib
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Memahami macam-macam sujud
|
6.1 Menjelaskan
pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2 Menjelaskan
tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
7. Memahami tatacara puasa
|
7.1 Menjelaskan
ketentuan puasa wajib
7.2
Memperaktekkan puasa wajib
7.3
Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin –
Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4
Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis,
Syawal, dan Arafah
|
8. Memahami zakat
|
8.1 Menjelaskan
pengertian zakat fitrah dan zakat mal
8.2
Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
8.3
Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
fitrah dan zakat mal
8.4
Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan
zakat mal
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
9. Memahami Sejarah Nabi
|
9.1 Menceritakan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
9.2
Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di
Madinah
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
10. Menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf
|
10.1
Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf
10.2
Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3
Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an
|
Aqidah
11. Meningkatkan
keimanan kepada Rasul Allah
|
11.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul
Allah
11.2
Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah
11.3
Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW
|
Akhlak
12. Membiasakan
perilaku terpuji
|
12.1
Menjelaskan adab makan dan minum
12.2
Menampilkan contoh adab makan dan minum
12.3
Memperaktekkan adab makan dan minum dalam
kehidupan sehari-hari
|
13. Menghindari
Perilaku tercela
|
13.1
Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan
munafik
13.2
Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik
13.3
Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam
kehidupan sehari-hari
|
14. Memahami hukum
Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
14.1
Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan
haram dimakan
14.2
Menghindari makanan yang bersumber dari binatang
yang diharamkan.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
15. Memahami sejarah
dakwah Islam
|
15.1
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2
Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya
sampai masa daulah Abbasiyah.
|
Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1.
Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
|
1.1
Membaca QS At-Tin dengan tartil
1.2 Menyebutkan arti QS
At-Tin
1.3 Menjelaskan makna
QS At-Tin
|
2.
Memahami Ajaran
Al – Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.1 Membaca hadits
tentang menuntut ilmu
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut
ilmu
2.3 Menjelaskan makna
menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits
|
Aqidah
3.
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada Hari Akhir
3.2 Menyebutkan ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan hari Akhir
3.3 Menceritakan proses
kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan
pengertian qana’ah dan tasamuh
4.2 Menampilkan contoh
perilaku qana’ah dan tasamuh
4.3 Membiasakan
perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
|
5.1 Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan
ketentuan aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan cara
penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
|
6.1 Menyebutkan
pengertian dan ketentuan haji dan umrah
6.2 Memperagakan
pelaksanaan ibadah haji dan umrah
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
7.
Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
|
7.1 Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran
7.2 Menceritakan
sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al Hadits
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
|
8.1 Menampilkan bacaan
QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2 Menyebutkan arti QS
Al-Insyirah
8.3 Mempraktikkan
perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS
Al-Insyirah
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
|
9.1 Membaca hadits
tentang kebersihan
9.2
Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
9.3
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan
Qadhar
|
10.1 Menyebutkan
ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar
10.2 Menjelaskan
hubungan antara qadha dan qadhar
10.3 Menyebutkan
contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4 Menyebutkan
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
|
Akhlak
11. Menghindari
perilaku tercela
|
11.1 Menyebutkan
pengertian takabbur
11.2 Menyebutkan
contoh-contoh perilaku takabbur
11.3 Menghindari
perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
12. Memahami tatacara
berbagai shalat sunnah
|
12.1
Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat
sunnat berjamaah dan munfarid
12.2
Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan
munfarid
12.3
Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan
munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami sejarah
tradisi Islam Nusantara
|
13.1
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian
dari tradisi Islam
13.2
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan
upacara adat kesukuan Nusantara.
|
E. Arah
Pengembangan
Srtandar kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut
oleh Departemen Agama.
0 komentar:
Posting Komentar