RPP PAI Kelas VII/Ganjil Memahami Tata Cara Sholat



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan           : SMPN Surabaya
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Islam ( Aspek Fiqih)
Kelas/Semester                  : Vii/ Ganjil
Alokasi Waktu                  : 2 X 45  Menit

Standar Kompetensi : 6. Memahami tata cara sholat

Kompetensi Dasar :
  1. 6.1       Menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat wajib
  2. ifat Allah  dalam AH}usna>.
Indikator :
6.1.1        Mendiskripsikan ketentuan-ketentuan sholat wajib
6.1.2        Menyebutkan ketentuan-ketentuan sholat wajib 10 sifat Allah  dalam Asma>’ul H}usna mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah  dalam Asma>’ul H}usna>.
Tujuan Pembelajaran:
6.1.1        Siswa dapat menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat wajib
6.1.2        Siswa dapat menyebutkan ketentuan-ketentuan sholat wajib

Waktu: 2  x 45 menit

Materi Pokok
Sholat wajib

Kegiatan Pembelajaran  
Waktu
Langkah pembelajaran
Metode
Bahan



5 Menit



Kegiatan Pendahuluan
1.      Salam dan  Absensi
2.      Appersepsi dengan mengkaitkan salah satu materi sholat wajib dengan rukun islam
3.      Guru memotivasi siswa melalui bernyanyi dan tanya jawab tentang sholat


Ceramah

























10 x 3’









Kegiatan Inti
1.      Siswa-siswi dibagi ke dalam 2 kelompok.
 
2.      Masing-masing kelompok mendiskusikan: tata cara dan ketentuan-ketentuan sholat wajib

3.      Setelah selesai berdiskusi dengan anggota kelompok masing-masing, salah satu wakil kelompok menyajikan hasil diskusi secara bergiliran menggunakan maind mapping di papan tulis.

Diskusi


Diskusi kelompok



Presentasi






Kegiatan Penutup
  1. Evaluasi pembelajaran, Guru memberikan penguatan serta kesimpulan tentang ketentuan-ketentuan sholat wajib
  2. Siswa-siswi diberi kesempatan untuk memberi tanggapan tentang ketentuan-ketentuan sholat wajib
atau menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang yang telah dibahas bersama
  1. Refleksi tentang tentang tata cara sholat

Ceramah



Powerpoint
11 - 20




2 menit
Kegiatan Tindak Lanjut
1.      Guru meminta siswa-siswi untuk mencari hikmah sholat.

2.      Guru meminta siswa-siswi membaca uraian materi 3 dan 4 untuk pembelajaran berikutnya

Penugasan


Penugasan

Internet, buku, Koran, majalah dll.
Uraian Materi
3 dan 4

Media Pembelajaran
1.                 Powerpoint
2.                 Maind Mapping

Sumber Belajar
  1. Buku Paket
  2. Buku LKS
  3. Internet
  4. Sumber lain
Penilaian
1.      Test Tulis
Tes tulis ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa-siswi dalam memahami materi Sholat.
2.      Penilaian Kinerja (Performance)
Penilaian diarahkan pada:
ü  Kemampuan mengemukakan pendapat,
ü  Kemampuan bekerjasama,
ü  Partisipasi dalam diskusi, dan
ü  Kemampuan menanggapi masalah.
3.      Portofolio
Penilaian ini ditujukan untuk mengukur kemampuan dalam memehami tentang qurban
4.      Sikap

Penentuan Penilaian Akhir

Total Skor Akhir         =         (ST 30) + (SK 20) + (SP 20) + (SS 30) = ...........
                                                              100

ST     = Skor Tes Tulis
SK    = Skor Kinerja (performance)
SP     = Skor Portofolio
SS     = Skor Sikap

1 komentar:



Unknown mengatakan...

hello yaya, .... i am Eka. i want to copy your rpp.
as the referent for my Rpp

Posting Komentar