Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMPN Surabaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam ( Aspek Fiqih)
Kelas/Semester : Vii/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2 X 45
Menit
Standar
Kompetensi : 6. Memahami tata cara sholat
Kompetensi Dasar :
- 6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat wajib
- ifat Allah dalam AH}usna>.
Indikator :
6.1.1
Mendiskripsikan ketentuan-ketentuan sholat wajib
6.1.2
Menyebutkan ketentuan-ketentuan sholat wajib 10 sifat Allah
dalam Asma>’ul H}usna mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asma>’ul H}usna>.
Tujuan Pembelajaran:
6.1.1
Siswa dapat menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat
wajib
6.1.2
Siswa dapat menyebutkan ketentuan-ketentuan sholat
wajib
Waktu: 2 x 45 menit
Materi Pokok
Sholat wajib
Kegiatan
Pembelajaran
Waktu
|
Langkah pembelajaran
|
Metode
|
Bahan
|
5
Menit
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam dan Absensi
2. Appersepsi dengan
mengkaitkan salah satu materi sholat wajib dengan rukun islam
3. Guru memotivasi
siswa melalui bernyanyi dan tanya jawab tentang sholat
|
Ceramah
|
|
10 x 3’
|
Kegiatan Inti
1. Siswa-siswi dibagi
ke dalam 2 kelompok.
2. Masing-masing
kelompok mendiskusikan: tata cara dan ketentuan-ketentuan sholat wajib
3. Setelah selesai
berdiskusi dengan anggota kelompok masing-masing, salah satu wakil kelompok
menyajikan hasil diskusi secara bergiliran menggunakan maind mapping
di papan tulis.
|
Diskusi
Diskusi kelompok
Presentasi
|
|
Kegiatan Penutup
atau menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang
yang telah dibahas bersama
|
Ceramah
|
Powerpoint
11 - 20
|
|
2 menit
|
Kegiatan Tindak Lanjut
1. Guru meminta
siswa-siswi untuk mencari hikmah sholat.
2. Guru meminta
siswa-siswi membaca uraian materi 3 dan 4 untuk pembelajaran berikutnya
|
Penugasan
Penugasan
|
Internet, buku, Koran, majalah
dll.
Uraian Materi
3 dan 4
|
Media Pembelajaran
1.
Powerpoint
2.
Maind Mapping
Sumber Belajar
- Buku Paket
- Buku LKS
- Internet
- Sumber lain
Penilaian
1.
Test Tulis
Tes tulis ini digunakan untuk mengukur kemampuan
kognitif siswa-siswi dalam memahami materi Sholat.
2.
Penilaian Kinerja (Performance)
Penilaian diarahkan pada:
ü Kemampuan
mengemukakan pendapat,
ü Kemampuan
bekerjasama,
ü Partisipasi dalam
diskusi, dan
ü Kemampuan menanggapi
masalah.
3.
Portofolio
Penilaian ini ditujukan untuk mengukur kemampuan dalam
memehami tentang qurban
4.
Sikap
Penentuan Penilaian Akhir
Total Skor Akhir = (ST
30) + (SK 20) + (SP 20) + (SS 30) = ...........
100
ST = Skor Tes Tulis
SK = Skor Kinerja (performance)
SP = Skor Portofolio
SS = Skor Sikap
1 komentar:
hello yaya, .... i am Eka. i want to copy your rpp.
as the referent for my Rpp
Posting Komentar