Syarat menjadi anggota Perpustakaan Daerah - Menur Surabaya





Bagi yang punya hoby membaca, buku adalah hal paten yang harus dimiliki. Dimana sih kita bisa mendapatkan buku agar kebutuhan membaca terus terpenuhi? Di toko buku, yup pastinya. Terkadang buku yang ingin kita miliki mempunyai harga selangit, atau karena keinginan membaca meluber, buku-buku incaran makin bertambah dan budget kita tidak seimbang. Disinilah perpustakaan sebagi media baca kita yag pas banget. “Saya hanya tahu perpustakaan di sekolah atau kampus, saya ingin ke perpustakaan yang lainnya”. Tepat! Perpustakaan Daerah adalah salah satu yang menarik untuk dikunjungi, apalagi yang berada di kota Surabaya. Dimana itu? Perpustakaan ini tersebar dibeberapa daerah, salah satunya adalah di JL. Menur Pumpungan 32 Surabaya. Sedikit ulasan yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.



Perpustakaan Daerah Surabaya
Alamat : Jl. Menur Pumpungan 32 Surabaya 60118
Syarat-syarat menjadi anggota perpustakaan :
1)     Persyaratan anak-anak
a)     Anak-anak taman kanak-kanak dan sekolah dasar dapat menjadi anggota perpustakaan
b)     Calon anggota harus bertempat tinggal di wilayah kota Surabaya
c)      Calon anggota harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh perpustakaan
d)     Formulir yang sudah di isi harus dilampiri dengan foto copy kartu pelajar atau tanda tanga kepala sekolah
2)     Persyaratan dewasa
a)     Mengisi formulir pendaftaran
b)     Menyerahkan foto copy*:
1.      Kartu pelajar bagi pelajar
2.      Kartu mahasiswa dan KTP Surabaya bagi mahasiswa
3.      KTP Surabaya bagi masyarakat umum dan karyawan
c)      Bagi yang tidak mempunyai KTP Surabaya, harus melengkapi:
1.      Surat rekomendasi/surat keterangan dari fakultas ditanda tangani oleh Dekan / Ketua Jurusan
2.      Surat keterangan dari Instansi / Kantor di Surabaya, khsus bagi karyawan Negeri atau swasta
3.      Melampirkan foto copy KTP daerah asal calon anggota
d)     Biaya pendaftaran gratis
3)     Persyaratan perpanjangan
Menyerhkan foto copy :
a)     Kartu pelajar bagi pelajar
b)     Kartu mahasiswa dan KTP Surabaya bagi mahasiswa
c)      KTP Surabaya bagi masyarakat umum dan karyawan

·         *  foto copy nya cukup satu aja.
Masalah foto, anda tidak perlu khawatir, sudah disediakan langsung dari Perpustakaan Daerah Surabaya, anda akan di foto di sana. Dan seperti yang disebutkan di atas, semuanya gratis, tis, tis, tis. Nyaman sekali bukan?!
Bagi yang tidak menjadi anggota jangan bersedih, anda tetap bisa masuk dan membaca di perpustakaan daerah Surabaya, tanpa meminjam pastinya. Karena untuk meminjam kita harus menjadi anggota yang ber ID dulu.
Perpustakaan yang menurut saya membuat kita betah untuk berlama-lama. Secara umum, hampir semua keren-keren. Bisnis, seni, agama, tekhnik, otomotif, alam, kebidanan, psikologi, sastra dan banyak lagi lainnya. Main internetan, ada. Jangan khawatir, kita bisa membawa sendiri atau menggunakan PC yang tersedia.
Untuk yang pertama kali datang biasanya kan bingung tuh gimana cara masuknya, daftarnya, ngembailinnya, minjem bukunya...

Nah, ini dia!
Untuk masuknya, biasa aja gitu tinggal masuk doang, eh, maksudnya kalo kita bawa tas, titipin dulu tasnya dengan menunjukkan KTP/ kartu pelajar di tempat penitipan disebelah kiri dari arah kita masuk. Trus ngisi daftar hadir dulu di PC yang disediain.
Untuk daftarnya, begitu kita masuk, kita akan disuguhkan dengan meja bundar milik petugas, tertera disana PENDAFTARAN, ambil aja kertas pendaftarannya, setelah di isi serahin kertasnya beserta foto copy-anya. Kalo gak antri semenit aja kita udah di minta untuk foto. Selang 1-3 menit. Jadi deh tuh kartu perpusnya.
Untuk peminjaman, sayangnya kita hanya bisa meminjam 2 buku dalam 2 minggu. Tinggal nyerahin buku sama kartu perpusnya, setelah itu kita akan menerima kertas untuk ditandatangani, jangan lupa dikembaliin lagi ama petugasnya. Trus sebelum pergi kita kudu gesek buku nya dulu, cuma gesek doang kok. Jadi gak perlu was-was. Hehe…
Sekian dulu dari saya, semoga bisa membantu kelancaran hari-hari anda. Kalo ada info-info perpustakaan lain, kasih tau juga ya..
Klik disini untuk format surat pemohon.
Lihat juga Syarat Menjadi Anggota Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya ."

2 komentar:



Unknown mengatakan...

topik yang bagus ini,, bermanfaat banget, sist.. :)

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah, saya sangat senang bisa membantu. terimakasih... :)

Posting Komentar